12 Cara Mengobati Rematik Secara Alami Dengan Obat Herbal

Banyak masyarakat mengira bahwa rematik sama dengan penyakit yang disebut dengan asam urat. Meskipun sama-sama menyebabkan rasa nyeri pada sendi, namun penyebab kedua penyakit ini berbeda.

Perbedaan Rematik Dan Asam Urat

Rematik adalah peradangan dan pembengkakan pada sendi yang menyebabkan rasa sakit. Sedangkan asam urat adalah radang yang disebabkan oleh mengendapnya asam urat pada sendi.

12 Cara Mengatasi Rematik Secara Alami Dengan Obat Herbal

Lakukan 12 cara pengobatan herbal yang sangat ampuh dipercaya meredam dan mengatasi rasa nyeri rematik.

  • Dengan Menggunakan Cengkeh.

Cengkeh merupakan tumbuhan dengan antioksidan yang cukup tinggi. Cukup dengan menumbuknya sampai halus dengan dicampur sedikit air hingga berubah bentuk menyerupai pasta. Oleskan pada bagian sendi yang sakit dan biarkan selama kurang lebih 15 menit.

  • Dengan Meminum Rebusan Air Brotowali.

Brotowali adalah rempah yang memiliki khasiat luar biasa yang juga bisa dimanfaatkan untuk meredam rasa nyeri akibat rematik. Yaitu dengan merebus batang bratawali dengan 3 gelas air. Masak hingga air menyusut setengahnya. Saring dan dinginkan. Minumlah 3 kali sehari secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

  • Dengan Meminum Rebusan Kulit Manggis.

Sebagai obat herbal untuk rematik, siapkan beberapa kulit manggis dan jemurlah hingga kering. Setelah cukup kering, iris tipis-tipis dan rebus dengan air secukupnya. Setelah mendidih, saring dan dinginkan. Minum setiap hari satu kali selama sebulan penuh. Lambat laun rematik akan sembuh dengan sendirinya.

Haluskan beberapa lembar daun kumis kucing dan daun meniran di tempat terpisah. Setelah keduanya halus, ambil halusan daun kumis kucing sebanyak satu sendok teh dan halusan daun meniran sebanyak satu sendok makan. Rebus keduanya secara bersamaan dengan air 1 gelas. Didihkan hingga tinggal ¾ gelas. Saring dan dinginkan. Minum secara rutin hingga rasa sakit rematik mereda dan sembuh sempurna.

  • Dengan Menggunakan Lidah Buaya.

Ambil lendir yang terdapat di dalam tangkai lidah buaya dan oleskan pada bagian sendi yang sakit. Sebaiknya lakukan sebelum tidur karena zat yang terkandung dalam lidah buaya ini akan mudah menyerap saat tubuh sedang beristirahat.

  • Dengan Menggunakan Lengkuas.

Lengkuas juga sangat ampuh mengatasi rematik. Yaitu dengan memarutnya dan peras airnya dengan menggunakan kain. Air perasan lengkuas tersebut digunakan sebagai obat oles. Sedangkan ampasnya bisa digunakan sebagai kompres.

  • Dengan Merebus Daun Kumis Kucing Dicampur Daun Meniran.

  • Dengan Menggunakan Daun Landep.

Ambil segenggam daun landep dan tumbuk bersama air kapur sirih hingga mengental. Oleskan pada bagian sendi yang sakit. Dengan melakukannya secara rutin akan mampu meredakan rasa nyeri akibat rematik.

  • Dengan Menggunakan Daun Pandan.

Daun pandan juga dipercaya sangat ampuh menyembuhkan penyakit rematik. Yaitu dengan mengiris tipis-tipis daun pandan dan campurkan dengan ½ cangkir minyak kelapa yang telah dipanaskan. Ramuan ini digunakan sebagai obat gosok ketika nyeri melanda.

  • Dengan Meminum Rebusan Air Jahe.

Selain sebagai obat herbal untuk masuk angin dan flu, jahe berkhasiat juga untuk penderita rematik. Ambil 2 ruas jahe dan bersihkan kulitnya. Iris tipis-tipis dan rebus dengan air secukupnya bersama gula merah. Dengan mengonsumsi rebusan air jahe ini dapat meredam rasa nyeri akibat rematik sekaligus memberikan rasa bugar ke tubuh.

  • Dengan Menggunakan Daun Dewa.

Sudah menjadi rahasia umum kalau daun dewa memiliki banyak manfaat sebagai obat herbal. Caranya adalah ambil 30 lembar daun dewa, cuci bersih dan rebus dengan air secukupnya. Daun dewa akan menjadi rapuh dan lumat. Ambil daun dewa yang telah lumat dari dalam rebusan air, dan peras. Hasil air perasan dari daun dewa yang telah lumat tersebut dapat langsung dikonsumsi.

  • Dengan Mengonsumsi Daun Seledri.

Mengonsumsi daun seledri sebagai lalapan jauh lebih baik daripada memasaknya. Pastikan daun telah dicuci dengan bersih dan jadikan sebagai lalapan makanan sehari-hari.

  • Dengan Mengonsumsi Daun Dandelion.

Caranya adalah dengan mengukus beberapa lembar daun dandelion dan memakannya langsung bersama lauk lain.