Cari Tahu Penyebab Berat Badan Bertambah

Kenaikan berat badan banyak sekali dialami oleh orang-orang. atau Anda mungkin merasa heran kenapa berat badan saya naik secara drastis? Walaupun Anda tidak makan lebih banyak dari porsi yang biasanya. Tidak hanya soal porsi makan, ternyata kenaikan berat badan juga banyak dipicu oleh hal-hal lain. Disini kami akan menjelaskan beberapa hal yang dapat menyebabkan berat badan Anda naik.

Bukan Hanya Porsi Makan Bertambah

Banyak kasus dimana saat orang mengalami kenaikan berat badan, mereka langsung membuat keputusan untuk mengurangi porsi makan. Padahal ada banyak sekali penyebab dimana berat badan Anda akan naik namun bukan karena makan yang terlalu banyak.

Penyebab Berat Badan Naik

Berikut akan kami jelaskan penyebab yang sering terjadi yang dapat membuat berat badan Anda naik.

  1. Variasi Makanan Terlalu Berlebihan

Apa pun yang berlebihan memang selamanya tidak baik untuk tubuh. Oleh karena itu, hindari untuk terlalu banyak mengonsumsi banyak variasi makanan. Mungkin di Indonesia sangat sering menemukan makanan dengan variasi lauk yang sangat banyak seperti contohnya dalam nasi tumpeng dimana semua jenis lauk ada didalamnya. Anda sebetulnya juga boleh menambahkan variasi makanan Anda, namun tambahkan dengan jenis makanan yang rendah kalori seperti sayuran, biji-bijian, kacang-kacangan atau buah- buahan sehingga kalori Anda tidak terlalu menumpuk.

  1. Stres

Stres bukan malah mengurangi asupan makan Anda, namun menurut penelitian University of Alamaba menjelaskan bahwa depresi ada kaitannya dengan obesitas atau kegemukan, dan juga dikaitkan dengan penyakit kanker serta kardiovaskular. Sehingga depresi dapat memuat berat badan Anda naik karena saat stres kita cenderung ingin mengonsumsi makanan serta banyak tidur. Selain itu, menurut Psychology Today kebanyakan yang sering mengalami depresi adalah perempuan dibanding laki-aki, sehingga banyak perempuan yang mengalami kegemukan akibat depresi ini.

  1. Terlalu lama Memakai Gadget

Ternyata kecanduan gadget juga dapat meningkatkan berat badan kita. Menurut sebuah studi di Harvard TH Chan School of public Health menjelaskan bahwa remaja sekarang yang terlalu sering menggunakan gadget akan berpengaruh pada pola tidur serta biasanya orang yang bermain gadget akan cenderung makan yang manis-manis serta menimbulkan malas untuk bergerak. Oleh karena itu, hindari penggunaan gadget terlalu lama.

  1. Makan dengan Melakukan Hal Lain

Jika Anda yang sering makan dengan melakukan kegiatan lain seperti menonton atau bermain gadget maka ini juga akan meningkatkan resiko berat badan Anda cepat naik. Secara tidak sadar di saat Anda makan namun dengan melakukan kegiatan lain, maka asupan makanan yang masuk akan lebih banyak. Oleh karena itu, saat Anda tidak sadar bahwa makanan telah masuk. Memori otak Anda tidak dapat menangkap informasi bahwa Anda telah makan banyak. Sehingga akan menyebabkan Anda lebih cepat lapar kembali.

  1. Usia Bertambah

Pertambahan usia pasti tidak dapat dihindari oleh semua orang. ternyata pertambahan usia ini juga tanpa sadar akan meningkatkan erat badan Anda. bisa saja disebabkan oleh pola makan yang buruk, gaya hidup, sosial, hormon, serta masih banyak lagi. saat usia bertambah kita cenderung lebih banyak bekerja dengan duduk sehingga asupan yang kita makan lebih banyak menjadi lemak. Selain itu, saat usia bertambah stres juga akan sering dialami sehingga akan mengubah pola makan dan meningkatkan berat badan.

Oleh karena itu harusnya dalam menyikapi segala aktivitas kita harus menyeimbangkan diri dengan melakukan aktivitas yang positif seperti berolahraga agar tubuh tetap seimbang dengan aktivitas pekerjaan yang kita lakukan.