Ikan Kakap Mana Yang Paling Tinggi Gizinya?

Ikan kakap adalah ikan yang memiliki nilai komersial cukup tinggi di Indonesia. Mereka hidup berkelompok pada terumbu-terumbu karang di dasar laut baik di daerah perairan dangkal maupun di laut dalam. Tidak heran kemudian jika ikan kakap dagingnya bertekstur sangat lembut dengan rasa yang enak dan sangat gurih, karena memang kebanyakan ikan-ikan yang hidup di dasar laut sangat populer memiliki daging yang nikmat dan nilai gizi yang sangat tinggi.

Jenis-Jenis Ikan Kakap

Ada 5 jenis ikan kakap yang hidup baik secara alami di perairan Indonesia maupun yang dibudidayakan.

  • Kakap Putih

Kakap putih sendiri hidup dalam dua jenis kelompok, yaitu kakap pelak dan kakap batu dengan ciri khasnya masing-masing. Kakap pelak memiliki bola mata yang sangat kecil dan hidup di daerah perairan laut, sungai-sungai, serta air payau yang cara menangkapnya pun mudah bisa hanya di serok dengan jaring, atau dipancing.

Sedangkan kakap batu memiliki bola mata yang besar dan pada umumnya hidup di perairan laut dalam yang agak sulit untuk menangkapnya.

  • Kakap Merah

Sesuai dengan namanya, warna sisik ikan kakap jenis satu ini memiliki tubuh berwarna merah dan bergigi taring yang cukup banyak. Matanya bulat besar dan konon sangat nikmat dimakan.

  • Kakap Tambak

Ikan kakap ini banyak ditemukan hidup di perairan pantai, sehingga para nelayan untuk mendapatkan ikan kakap jenis ini membuat tambak-tambak besar di pinggir-pinggir pantai dan membiarkannya masuk ke dalam tambak. Itulah mengapa disebut dengan kakap tambak.

Kakap tambak berwarna cokelat tua agak kemerahan dan cenderung keperakan pada bagian bawahnya. Panjang tubuhnya bisa mencapai 90 cm bahkan lebih dengan bentuk tubuh agak gemuk.

  • Kakap Jenahan

Tidak berbeda jauh dengan kakap tambak, kakap jenahan panjang tubuhnya bisa mencapai 90 cm lebih dengan postur yang besar. Biasa disebut juga dengan kakap golden snapper karena warnanya yang kuning keemasan yang terlihat jelas pada sirip dan ekornya.

  • Kakap Merah Sejati

Disebut kakap merah sejati karena warna tubuhnya benar-benar merah merata. Bola matanya pun merah menyala dan sedikit agak menonjol. Bentuk tubuhnya sedikit unik dibanding jenis ikan kakap lainnya yaitu melengkung tajam pada bagian punuknya jadi seperti ikan bungkuk.

Hidupnya di perairan dalam yang berpasir, berlumpur dan berkarang. Sangat menyukai berkelompok dan agak jinak. Jadi tidak heran jika ikan kakap merah jenis ini sangat mudah dipancing.

Nilai Gizi Ikan Kakap Dan Manfaatnya Untuk Kesehatan

Meskipun ikan kakap ditemukan dalam berbagai jenis habitat, namun secara umum mereka memiliki nilai gizi yang sama tingginya. Selain itu manfaatnya sangat luar biasa untuk kesehatan.

  • Lemak Baik

Lemak pada ikan tidak sama dengan lemak pada daging. Lemak ikan justru sangat baik untuk dikonsumsi sehari-hari yang disebut dengan lemak tak jenuh.

  • Mineral

Mineral yang terkandung dalam ikan kakap sangat bermanfaat untuk membentuk dan perkembangan sel tubuh manusia sehingga sangat baik dikonsumsi oleh anak-anak dan ibu hamil.

Zat mineral tersebut antara lain kalsium 32mg/100gr, zat besi 0,18mg/100gr, fosfor 198mg/100gr, dan zink 0,36mg/100gr. Dan yang tertinggi adalah kalium 444mg/3ons kakap merah.

  • Vitamin A Dan Vitamin D

Vitamin A dan D pada ikan kakap sangat direkomendasikan oleh pakar gizi dan kesehatan dunia untuk dikonsumsi oleh seluruh masyarakat baik anak-anak maupun orang dewasa. Untuk kesehatan mata dan tulang. Bahkan terdapat pula vitamin B dengan nutrisi berupa niacin, tiamin, riboflavin, serta folat untuk kesehatan dan pertumbuhan otak.

  • Selenium

Ini adalah zat yang mampu memperlancar sel darah putih serta antioksidan yang dapat mencegah ancaman radikal bebas.

  • Asam Lemak Omega 3

Kandungan tertinggi asam lemak omega 3 terdapat pada kakap merah yaitu 0,31mg/100gr. Sangat dianjurkan untuk kesehatan jantung dan penyumbatan pembuluh darah akibat kolesterol tinggi.