Kenali 9 Ciri Batu Ginjal Keluar Dari Dalam Tubuh

Jangan anggap remeh apabila timbul rasa nyeri di seputaran perut, karena penyebabnya bisa dari berbagai hal, dan salah satunya adalah batu ginjal.

Penyebab Batu Ginjal

Batu ginjal sebenarnya bukan penyakit, karena batu ginjal terbentuk secara alami di dalam ginjal. Hanya saja apabila dibiarkan terjadinya perubahan keseimbangan antara kadar air, mineral, dan garam di dalam tubuh, maka batu ginjal yang semula hanya berupa butiran pasir halus dan dapat keluar dengan sendirinya melalui saluran pembuangan bersama urin, akan menjadi besar dan mengeras yang akhirnya berujung pada rusaknya saluran kemih dan jaringan ginjal.

Batu ginjal sebenarnya terbentuk dari kebiasaan sehari-hari yang tidak menyehatkan seperti merokok, terlalu banyak minum kopi, minuman alkohol, jarang mengonsumsi buah-buahan, sedikitnya minum air putih, serta malas berolahraga.

Kebiasaan buruk tersebut dapat merusak jaringan-jaringan tubuh yang apabila dibiarkan berlarut-larut akan menyebabkan infeksi dan kerusakan. Sedikit demi sedikit pun penyakit mulai berdatangan yang pada akhirnya merembet kepada penyakit yang dapat memicu gagalnya fungsi ginjal seperti salah satunya adalah asam urat.

9 Ciri Keluarnya Batu Ginjal Dan Proses Penyembuhannya

Biasanya dokter akan menyarankan proses penyembuhan dengan minum obat-obatan terlebih dahulu sebelum tindakan operasi atau penghancuran batu ginjal dengan sistem kejut yang akan ditembakkan dan dihancurkan menjadi butiran kecil seperti pasir. Metode ini dikenal dengan nama ESWL atau Extracorporeal Shock Wave Lithotripsy.

Namun, cara yang paling alamiah mengeluarkan batu ginjal adalah dengan minum air putih yang banyak. Cara ini lebih efektif untuk mengeluarkan batu ginjal yang masih berukuran kecil. Tambahan obat herbal berupa ekstrak daun tempuyung dan daun kejibeling juga dapat membantu proses mendorong keluarnya batu ginjal secara alami melalui saluran air seni.

Ada 9 ciri yang bisa harus diketahui saat batu ginjal mulai mengalami proses penyembuhan dan akan keluar dari dalam tubuh.

  • Berkurangnya sakit pada perut dan sakit pada pinggang.

Tanda awal ketika mulai pengobatan alamiah dengan minum air putih sebanyak-banyaknya setiap hari ditambah obat herbal adalah mulai berkurangnya rasa nyeri pada perut dan pinggang.

  • Perubahan warna urin.

Warna urin sedikit demi sedikit mengalami perubahan warna dari kuning keruh dan berbau menjadi agak bening dan hilang baunya.

  • Berkurangnya gejala-gejala seperti akan terkena flu.

Biasanya pasien penderita batu ginjal akan mengalami perubahan pada tubuh dengan gejala seperti akan terkena flu. Ketika batu ginjal mulai menunjukkan tanda-tanda akan keluar dari tubuh melalui saluran air seni, badan sedikit mulai terasa segar dan demam pun akan berangsur berkurang.

  • Tidak lagi mual dan muntah-muntah.

Gejala ini biasanya dialami oleh penderita yang tubuhnya agak rentan daya tahannya. Mual dan muntah seketika akan lenyap ketika batu ginjal mulai menunjukkan tanda-tanda akan terdorong keluar.

  • Tidak lagi mengalami diare.

Diare akan langsung berhenti karena asupan air yang banyak telah menghilangkan dehidrasi pada penderita.

  • Tidak sakit lagi ketika buang air kecil

Saat buang air kecil keluar yang semula terasa sangat sakit berangsur-angsur mereda. Hal ini juga ditandai dengan air seni yang mulai semakin berwarna bening.

  • Keluar gumpalan saat buang air kecil.

Pada proses selanjutnya yang terjadi adalah ketika keluarnya gumpalan-gumpalan untuk pertama kalinya. Gumpalan ini berwarna cokelat dan kadang bercampur kehitaman-hitaman yang disertai sedikit rasa nyeri ketika buang air kecil. Gumpalan inilah yang disebut batu ginjal.

  • Rasa lega pada perut.

Ketika sedikit demi sedikit batu ginjal mulai banyak keluar disaat-saat buang air kecil, rasa nyeri begitu gumpalan keluar pun lambat laun mulai hilang. Air seni pun sudah berwarna bening dan setiap buang air kecil terasa lega pada perut.

  • Tubuh terasa enteng dan segar.

Saat batu ginjal terakhir keluar setelah melalui beberapa kali proses buang air kecil, tubuh akan benar-benar pulih dari seluruh gejala-gejala sakit batu ginjal. Badan akan terasa enteng dan segar.

Demikian 9 ciri batu ginjal keluar dari dalam tubuh. Jangan lupa selalu memperhatikan dan menjaga kesehatan diri Anda mulai dari pola makan hingga olahraga rutin setiap harinya.