Popularitas Obesitas dan Mengetahui Bahayanya

Perkembangan teknologi mengakibatkan perubahan gaya hidup manusia. Bukan hanya disebabkan oleh teknologi, perubahan selalu terjadi selama manusia masih melakukan peradaban. Setiap dekade, ada banyak aspek kehidupan manusia yang berubah. Bahkan tak perlu menunggu selama dekade, setiap waktu perubahan pada aspek kehidupan manusia bisa saja berubah. Mulai dari gaya berpakaian, gaya hidup, hingga makanan yang dikonsumsi oleh masyarakat. Menjamurnya restoran cepat saji dan kemudahan dalam melakukan banyak hal membuat banyak orang yang terlena hingga mengalami obesitas.

Perubahan Aspek Kehidupan Yang Meningkatkan Tingkat Obesitas

Seperti yang sudah dikatakan secara singkat sebelumnya, bahwa perubahan berbagai aspek membuat banyak hal juga berubah. Semakin meningkatnya jumlah restoran cepat saji di berbagai Negara, membuat semakin meningkat pula tingkat konsumsi masyarakat terhadap makanan cepat saji. Makanan cepat saji adalah salah satu penyebab paling besar dari banyaknya masyarakat yang mengalami obesitas. Selain keberadaan makanan cepat saji yang sudah sangat menjamur, gaya hidup yang tidak sehat juga sangat mempengaruhi meningkatnya obesitas di berbagai Negara. Kesukaan masyarakat yang lebih memilih untuk mengonsumsi makanan cepat saji ketimbang makanan sehat didukung dengan pola hidup yang tak sehat.

Salah satu tanda gaya hidup tidak sehat adalah tidak melakukan olahraga. Padahal, olahraga adalah hal yang sangat penting untuk menjaga tubuh agar tetap sehat dan bugar. Belum lagi dengan segala kemudahan yang bisa kita dapatkan dengan mudah saat ini. Contohnya saja berbagai teknologi yang membuat kita semua menjadi jarang bergerak seperti alat transportasi, dan lain sebagainya. Bisnis jasa yang semakin memanjakan masyarakat juga mempengaruhi aktivitas setiap harinya. Contohnya saja bisnis laundry yang membuat orang menjadi malas untuk mencuci. Cukup dengan meletakkan pakaian kotor di tempat laundry, tanpa harus berlelah-lelah pakaian kotor sudah bersih dan wangi.

Mengenal Obesitas dan Bahayanya

Obesitas adalah hal yang menjadi perhatian di banyak Negara saat ini karena tingkat obesitas yang sangat meningkat hanya dalam beberapa tahun ini. Obesitas merupakan gangguan tubuh di mana seseorang memiliki berat badan yang sangat berlebih. Banyak orang yang mengira bahwa obesitas merupakan pengumpulan lemak yang terlalu banyak di dalam tubuh. hal tersebut memang ada benarnya, namun sebenarnya bukan hanya karena lemak yang terlalu banyak di dalam tubuh. massa tubuh yang berat dan jumlah cairan yang terlalu banyak di dalam tubuh juga bisa menjadi alasan seseorang mengalami obesitas. Kondisi ini tentu saja membahayakan untuk kesehatan dan juga mental penderitanya. Berikut ini beberapa bahaya obesitas untuk para penderitanya.

  1. Mengganggu penampilan

Memiliki berat badan yang terlalu berlebih tentu saja akan mempengaruhi penampilan penderitanya. Banyak orang yang masih memandang obesitas sebagai penyakit yang terjadi akibat kemalasan dan keserakahan penderitanya dalam mengonsumsi makanan. Oleh karena itu, bagi mereka yang memiliki gangguan obesitas biasanya memiliki krisis kepercayaan diri karena penampilan mereka yang terlihat sangat mencolok dan terlalu berbeda dengan yang lain.

  1. Mudah terkena penyakit berbahaya

Lemak atau cairan tubuh yang terlalu banyak mengendap di dalam tubuh tentu akan mempengaruhi kinerja organ penting di dalam tubuh. Organ yang akan dibahayakan akibat dari kondisi yang satu ini adalah jantung. Tidak sedikit pula pasien obesitas menderita penyakit jantung yang membahayakan dan juga penyakit lainnya.

  1. Penyakit psychology

Krisis kepercayaan bukan menjadi hal asing bagi mereka penderita obesitas. Mereka kebanyakan merasa tidak percaya diri dan ingin menurunkan berat badan mereka. Sayangnya, mengatasi masalah obesitas tidaklah mudah sehingga tak sedikit dari mereka yang malah mengalami stres dan depresi.